Kalkulator Kehamilan

Kalkulator Kehamilan berfungsi untuk mengetahui dan menghitung usia atau masa kehamilan anda, sebelum melakukan tindakan aborsi. Kami akan jelaskan cara menghitung kehamilan anda dengan mudah. Saat ini kebanyakan orang menentukan usia kehamilan itu dengan metode dan hasil dari pemeriksaan dokter/bidan, karena hasil pemeriksaan yang dilakukan dan diberikan oleh dokter/bidan sangat akurat seperti menggunakan USG yang tingkat akuratnya sangat tinggi.

kalkulator kehamilan

Dan kali ini kami akan membahas dan memberikan metode bagaimana cara menghitung dan mengetahui usia kehamilan dengan tingkat akurasi yang cukup baik dengan kalkulator kehamilan. Dan dapat membantu anda untuk menentukan pilihan paket cara menggugurkan kandungan, agar nanti jika anda berminat untuk order obat aborsi anda tidak salah pilih paket.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Metode Kalender.

Hari Pertama Haid Terakhir (HPTP) adalah hari pertama anda haid pada periode terakhir menstruasi anda. Untuk melakukan perhitungan ini, anda cukup mengingat kapan menstruasi terakhir anda dimulai. Nah, tanggal itulah yang dipakai sebagai hari pertama kehamilan anda. Tanggal perkiraan lahir dihitung 40 minggu sejak HPHT.

Lama siklus haid rata-rata adalah lama periode menstruasi anda. Biasanya anda tahu jika dilihat dalam tanggal haid tiap bulannya maka tanggalnya akan maju beberapa hari. Anda hitung kapan hari terakhir anda haid kemudian haid kembali disaat anda belum hamil atau menstruasi normal.

Alat perhitungan kehamilan metode kalender menggunaka hari pertama haid terakhir (HPTP) didasarkan pada cara perhitungan dengan rumus Neagele. Perhitungan dengan rumus hamil Neagele sebenarnya sangat sederhana untuk digunakan memperkirakan hari perkiraan lahir (HPL). Caranya adalah sebagai berikut :

Rumus Neagele pada siklus haid rata-rata selama 28-30 hari.

  • Untuk mendapatkan tanggal : Menambahkan 7 (+7) pada HPHT.
  • Untuk mendapatkan bulan : Mengurangi 3 (-3) pada HPHT.
  • Untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3 (Januari, Febuari, Maret) : Menambahkan 9 (+9) pada HPHT dan tahun tidak ditambah.
  • Untuk mendapatkan tahun : Menambahkan 1 (+1) pada HPHT.

Contoh perhitungannya adalah sebagai berikut :

  • Pada bulan yang bisa dikurangi 3 (-3). 

          HPHT = 6 Juli 2016 atau 6-7-2016. 

          HPL = tanggal (6+7) = 13, bulan (7-3) = 4, tahun (2016+1) = 2017

          Maka hari perkiraan lahir (HPL) nya adalah 13 April 2017.

          Jadi taksiran HPL anda adalah 13 April 2017, sedangkan untuk usia kehamilan tinggal menghitung setiap tanggal           13, jadi pada saat tanggal 13 Agustus 2016 usia kehamilan anda menginjak 1 bulan, 13 September 2016 usia                 kehamilan 2 bulan dan seterusnya silahkan anda hitung sendiri, perhatikan baik-baik caranya.

  • Pada bulan yang tidak bisa dikurangi 3 (-3).

          HPHT = 6 Januari 2016 atau 6-1-2016.

          HPL = tanggal (6+7) = 13, bulan (1+9) = 10, tahun (2016) = 2016.

          Maka hari perkiraan lahir (HPL) nya adalah 13 Oktober 2016.

          Jadi taksiran HPL anda adalah 13 Oktober 2016, sedangkan untuk usia kehamilan tinggal menghitung setiap                   tanggal 13, jadi pada saat tanggal 13 Febuari 2016 usia kehamilan anda menginjak 1 bulan, 13 Maret 2016 usia               kehamilan 2 bulan dan seterusnya silahkan anda hitung sendiri, perhatikan baik-baik caranya.

Suatu masalah yang kadang terjadi yaitu lupa tanggal haid, kalau seperti itu susah juga, jadi anda harus benar-benar mengingatnya atau tanya pasangan anda. Jika anda mengalami tanda tanda hamil sebaiknya anda harus periksa terlebih dahulu untuk memastikan kalau anda benar-benar hamil atau tidak. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk memilih cara menggugurkan kandungan dengan cepat dan aman sesuai kebutuhan anda atau yang cocok untuk usia kehamilan anda.